Wujud bangunan baru Gereja Mater Dei paroki Lampersari Semarang

Gereja Mater Dei Lampersari awalnya adalah sebuah wilayah dari paroki Atmodirono. Dihitung sejak gedung Gereja pertama diberkati oleh Bapak Kardinal Justinus Darmoyuwono, pada tahun 1968 usia gereja Mater Dei sudah mencapai 45 tahun. Sebuah usia yang sudah menunjukkan kematangan.

Disamping berkarya menyelenggarakan reksa pastoral “pemeliharaan jiwa-jiwa”, paroki Mater Dei sudah sejak awal pendiriannya menekankan karya sosial pengabdian kepada masyarakat berupa Balai Pengobatan Mater Dei yang merupakan wujud nyata dari semangat untuk mengasihi sesamanya yang menderita.

Untuk penyelanggaraan reksa pastoral tersebut sebuah paroki membutuhkan 3 fasilitas fisik yang amat penting yaitu : gedung Gereja, gedung pastoran dan gedung serbaguna. Di paroki Mater Dei gedung Gereja yang baru sudah selesai dibangun dan diberkati pada tggl. 22 Maret 2009 oleh Mgr. Ignatius Suharyo, Uskup Agung Semarang, waktu itu. Sedangkan gedung pastoran selesai dibangun dan diberkati pada tggl. 1 Januari 2011 oleh Rama Pius Riana Prapdi, Administrator Diosesan waktu itu.

Dengan demikian masih satu fasilitas yang belum terpenuhi yaitu gedung serbaguna. Gedung serbaguna adalah sebuah fasilitas fisik yang amat penting untuk penyelenggaran kegiatan-kegiatan umat serta pembinaan kelompok-kelompok kategorial. Di dalamnya terdapat juga penyelenggaraan karya khusus Balai Pengobatan Mater Dei yang menjadi ciri khas Paroki Mater Dei.

Secara konkrit gedung serbaguna Gereja Mater Dei terdiri dari dua lantai. Lantai pertama terdiri dari 1 unit Balai Pengobatan Mater Dei, ruang fasum (fasilitas umum) yang dapat dipakai untuk tempat berkumpul, sekolah minggu, katekese orang dewasa serta latihan koor, serta ruang-ruang kegiatan kelompok-kelompok kategorial seperti PIA, PIR, OMK dll. Sedang lantai II berupa Aula / Balai Pertemuan yang diperlukan untuk pertemuan-pertemuan besar serta juga untuk kepentingan umat seperti resepsi perkawinan atau pesta-pesta peringatan keluarga.

Demikianlah yang menjadi kepentingan kami umat paroki Mater Dei Lampersari dalam rangka pembangunan Gedung Serbaguna dan Balai Pengobatan ini.
Nampaknya sudah menjadi tradisi yang terpuji bahwa kita saling membantu sebagai satu kawanan dari satu Gembala yaitu Tuhan kita Yesus Kristus. Karena itu kami sangat bersyukur jika Bapak Ibu dan Saudara-saudari sekalian berkenan untuk membantu kami dalam mewujudkan cita-cita pembangunan yang sedang kami laksanakan ini. Atas kerelaannya untuk membantu kami ucapkan beribu terimaksih.

Semoga Bapak Ibu, Saudara-saudari beserta seluruh keluarga senantiasa diberkati oleh kasih Tuhan yang melimpah. Berkah Dalem.

 

Semarang, 12 Januari 2014.
Pada Pesta Pembaptisan Tuhan.

Rm. Stephanus Heruyanto, Pr.
Pastor Paroki Mater Dei.